Header Ads

Revolusi Perusahaan Otobus di Indonesia

Mulai dari tahun 2008 sampai 2016 ini merupakan tahun kebangkitan bagi perusahaan-perusahaan otobus di Indonesia, hal ini tidak terlepas dari campur tangan karoseri, karoseri yang berperan penting dalam menciptakan suatu model terbaru yang memberi warna dalam dunia per bus an. 

Semakin berkembangnya design-design yang diciptakan oleh karoseri-karoseri di Indonesia, mulai dari design exterior maupun interior yang memberikan fasilitas luxury membuat Perusahaan Otobus di Indonesia semakin maju dan berkembang. Kemajuan ini sangat dirasakan dan memberi manfaat bagi para owner PO, pengguna setia Bus di Indonesia. Karena design nya yang bervariatif dan mempunyai nilai seni tersendiri banyak membuat orang-orang terkagum khususnya bagi para penggemar transportasi darat ini.

Terdapat beberapa macam dan jenis karoseri yang ada di Indonesia diantaranya Tentrem, Morodadi, Laksana, New Armada, Rahayu Sentosa, Trisakti, Restu Ibu, Adiputro, dll. Belakangan ini banyak karoseri yang bersaing ketat untuk selalu menciptakan produk model terbarunya, namun untuk saat ini Adiputro menjadi pemegang pangsa pasar karoseri, dengan design nya yang selalu fresh, tidak kaku dan mudah diterima oleh masyarakat khususnya pemilik PO (Perusahaan Otobus) maka banyak dari mereka memilih karoseri Adiputro sebagai brand ambassador dari sebuah Perusahaan Otobus, namun tidak serta merta hanya Adiputro lah yang berjaya disini, disusul oleh beberapa karoseri lainnya seperti Tentrem, Morodadi, New Armada, dll untuk terus berinovasi dalam mengembangkan model dari masing-masing karoseri mereka, persaingan ini sangat ketat.

Dalam bahasan kali ini saya akan sedikit mengulas model-model big bus dari karoseri Adiputro yang banyak digunakan dan dipakai oleh Perusahaan Otobus di Indonesia.

Royal Coach New Travego.
memulai kejayaan karoseri Adiputro dengan design baru ala new travego yang merubah selendang / garnis yang lebih lebar dan lebih miring memberi kesan aerodinamis serta tampilan lampu depan yang lebih fresh.
New Travego PO Kalisari
sumber pict. google

New Travego PO Harapan Jaya
sumber pict. google

di tipe ini head lamp dibuat memanjang dari sisi kiri ke sisi kanan, jika di analogi kan seperti sebuah senyumanketika head lamp menyala, rear lamp juga terbagi menjadi 3 bagian terpisah.

New Marcopolo,
model ini merupakan model yang sangat digandrungi pada masanya, lihat saja head lamp depan yang sangat berkarakter memberikan nilai art tersendiri, kesan gagah dan gahar yang terpancar dari model ini. Ketika LED lampu menyala mengikuti pola design menjadikan model ini lebih terlihat sangaar..   

New Marcopolo PO Nusantara

New Marcopolo PO Nusantara
sumber pict. google

New Marcopolo PO Nusantara
sumber pict. google

lampu belakang model new marcopolo ini juga mendapat sentuhan yang bebeda seperti pendahulunya, rear lamp nya semua menyatu bersama head lamp yang juga dihiasi dengan lampu LED.

Jetbus,
pada model ini dilakukan perubahan pada muka depan, head lamp dipadukan dengan fog lamp yang lebih sporty membuat tipe ini memiliki nilai jual yang cukup tinggi, lebih terlihat elegan dan simpel sih sebenernya..

Jetbus Adiputro
sumber pict. google

Jetbus Adiputro
sumber pict. google

lampu belakang juga mendapat sentuhan perubahan yang signifikan, design lampu ini berubah 360 derajat, woow.. lebih terlihat dinamis dan manis.

Jetbus HD,
HD (High Deck) tipe ini merupakan bus yang memiliki lantai lebih tinggi kurang lebih 15 cm dari standar bus pada umumnya. Trend High Deck didukung dengan munculnya teknologi Chassis Space frame sehingga bagian bagasi barang benar-benar luas.

Jetbus HD ini banyak digunakan oleh PO Perusahaan Otobus di Indonesia, karena memang model ini sangat menarik. Dengan kelebihan space bagasi yang diberikan memberikan nilai plus kepada PO untuk memanfaatkan kelebihan tersebut.

Jetbus HD PO Gunung Harta

Jetbus HD PO Gunung Harta

Jetbus HD PO Gunung Harta

model kaca belakang Jetbus HD memiliki perubahan, yang pada umumnya design sebuah kaca belakang bus berbentuk segi empat namun tidak pada tipe ini memiliki lebih dari empat sudut, untuk model kaca ini biasa disebut kaca diamond, dikarenakan lekukan dari setiap sudut kaca menyerupai bentuk dari sebuah mutiara.

Jetbus2,
the new generation of Jetbus. Generasi terbarukan ini memiliki facelift yang sangat sporty, design lampu berubah dan memiliki lekukan-lekukan yang berani membuat bus ini lebih terlihat sporty.
Jetbus2 PO Pusaka
sumber pict. google

Jetbus2 PO Putu Wijaya
sumber pict. google

yang sangat mengejutkan adalah pola design lampu belakang, woow.. amazing.. Full LED.. goresan tiap goresan design lampu ini berbalut LED yang membentuk suatu pola.. 

Jetbus2 HD,
tak ada yang berbeda dari facelift depan model ini, masih sama seperti pendahulunya, hanya embel-embel HD (High Deck) yang membedakan.

Jetbus2 HD PO Shantika
sumber pict. google

Jetbus2 HD PO Gunung Harta
sumber pict. google

namun ketika kita melihat dari samping, model ini menganut paham new setra, design setra terbarukan yang dikembangkan dengan model selendang yang memanjang hingga sudut belakang menjadikan Jetbus2 HD terlihat lebih aerodinamis, selendang terbarukan ini membuat kita seperti sedang ber-nostalgia namun dengan tampilan baru.

Jetbus2 HD PO Gunung Harta
sumber pict. google

Jetbus2 HD PO Gunung Harta
sumber pict. google

pada bagian kaca belakang sedikit ada perubahan, yaitu penambahan emblem adiputro yang cukup besar berada di tengah garis bawah kaca.

Jetbus2 SHD,
bus tingkat namun tidak tingkat. Model bus ini terlihat sangat tinggi seperti sebuah bus tingkat berpenumpang 2 lantai, namun sebenernya bus ini hanya memiliki 1 lantai penumpang saja dengan posisi penumpang yang lebih tinggi.

Jetbus2 SHD Adiputro
sumber pict. google

Jetbus2 SHD PO Laju Prima
sumber pict. google

Jetbus2 SHD PO Laju Prima
sumber pict. google

Itulah sedikit model-model bus dari karoseri adiputro yang meberi warna segar. Model-model bus tersebut diatas merupakan model bus yang mendukung kejayaan perusahaan otobus di Indonesia, masih banyak lagi karoseri yang belum saya ulas disini, seperti Tentrem, Morodadi, Laksana, New Armada, Rahayu Sentosa, Trisakti, Restu Ibu dan yang lainnya. Dengan berbagai keanekaragaman design yang ditampilkan membuat Perusahaan Otobus ber-Revolusi seiring dengan perkembangan jaman dan kemajuan teknologi, dunia industri bus semakin berkembang pesat.

Untuk pembahasan ini sepertinya panjang sekali kalau dijabarkan dalam satu post, mungkin next jikalau ada waktu dan kesempatan saya akan melanjutkan ulasan ini. Ikuti terus update dan info-info terbaru disini yaa..

No comments

Powered by Blogger.